Nih, yang baru di mesin New BLADE 110R
Selain desain dan rangkanya berubah total, mesin Honda New Blade 110R juga mengalami beberapa pembenahan. Memang tidak ada peningkatan performa dalam penyempurnaan ini.
Tapi kabarnya berkaitan dengan usaha Honda untuk membuat mesin New Blade 110R lebih minim getaran. Perubahan hanya ada di silinder head, piston dan kumparan atau sepul di magnet.....
Ada lubang baut untuk mengikat as rocker arm di klep keluar. Gir rantai mesin Blade baru hanya satu baut.
Komponen di dalam silinder head seperti noken as tidak bisa saling tukar dengan versi sebelumnya. Kalau mau tukar harus satu set dengan silinder head-nya...
Secara ukuran noken as New Blade 110R lebih panjang. Bumbungannya juga memiliki permukaan lebih lebar. Tapi tinggi dan pinggang bumbungan tetap sama ukurannya. Sayangnya tidak ada data durasi kedua noken as ini.
Permukaan noken as yang lebih lebar ini mengharuskan rocker arm klep buang sedikit berubah. Yang lama ada sedikit tonjolan. Tapi yang baru karena permukaan noken as lebih lebar, tonjolan ini dihilangkan....
Dudukan rocker arm di silinder head juga sedikit berubah. Kini pemegang as rocker arm dilengkapi baut agar posisinya diam. Sebelumnya, as rocker arm klep buang dibiarkan bebas. As-nya bisa berputar, tapi yang baru diam....
Piston New Blade 110R juga baru. Perbedaanya bisa dilihat di sisi samping. Kalau yang lama ada beberapa lubang kecil. Yang baru tidak ada, tapi gantinya ada tiga garis cekungan. Di dekat pin piston juga ada lubang untuk mengurangi bobot piston.
Satu lagi yang berbeda adalah kumparan pada magnet. Seperti sudah dibahas sebelumnya, magnet New Blade 110R tetap memiliki 12 kutub bedanya memiliki kumparan lebih banyak. Arus listik yang dihasilkan jadi lebih besar. Maklum Blade baru ini sudah automatic headlamp on dan punya lebih banyak lampu.
Diposting oleh
mechanic 79